728x90 AdSpace

Latest News

SUARA

SUARA
Tuesday 15 March 2016

Kawasan Hutan Lindung, Objek Wisata Favorit di Perbatasan


UTUSAN INDONESIA PONTIANAK SELASA 15/3/2016 -Dampak beberapa event yang digelar Kemenpar di cross border, Entikong, Kalimantan Barat mulai terdengar detaknya. Banyak media yang mulai memberikan porsi exposure yang optimistic dari perbatasan Indonesia-Malaysia dan memiliki koneksitas ke Brunei Darussalam di Pulau Borneo itu.

“Publik juga sudah mulai heboh dengan mencari tahu, objek wisata alam apa saja yang ada di perbatasan Entikong itu,” kata I Gde Pitana, Deputi Pemasaran Mancanegara, Kemanpar.
Meski di Entikong itu suhunya sampai 37 derajat Celcius, show musik dengan tajuk Entikong Music Concert 2016 itu tetap saja ramai diserbu orang. Ribuan orang menyemut di Lapangan Patoka. Ada etnis Melayu, Dayak, Cina, semua tumplek blek menjadi satu.

Branding Wonderful Indonesia sontak menjadi terkenal di wilayah perbatasan. Jauh meninggalkan negeri Jiran Malaysia yang habis-habisan mempromosikan brand Truly Asia. Di kawasan perbatasan itu, logo dan tulisan Wonderful Indonesia menggebrak agresif. Dua artis nasional yang sangat popular di Malaysia, Siti Liza dan Firman Siagian juga sukses menghipnotis ribuan masyarakat yang hadir menyaksikan Entikong Music Concert itu.

“Brand Wonderful Indonesia harus dinaikkan dulu, agar masuk dalam benak semua orang di kawasan perbatasan. Saat branding sudah kuat, memasukkan program apapun akan jadi lebih mudah,” papar I Gde Pitana.

Ada misi besar yang ingin diangkat Kemenpar di wilayah perbatasan Entikong. Ke depan, Entikong bisa diproyeksikan menjadi pintu masuk wisatawan Malaysia dan Brunei Darussalam. Karena itu destinasi wisata perbatasan yang sangat beragam di wilayah Sanggau dan Kapuas Hulu, Kalimantaran Barat harus juga dipikirkan. “Pemda yang memiliki destinasi juga harus mulai concern memperbaiki diri,” kata Menpar.

Bergeser sedikit ke utara, ada Danau Sentarum di Kabupaten Kapuas Hulu. Panorama alamnya ajangan ditanya. Kalau dilihat dari Bukit Tekenang, danau ini terlihat seperti area Arsipel di Taman Mini Indonesia Indah. Sebuah danau yang seolah-olah memiliki pulau-pulau kecil.

“Jadi program cross border tourism itu hanyalah pancingan. Kolam ikannya di Sanggau dan Kapuas Hulu. Jika infrastur penunjangnya beres, dari titik inilah bisa dieksplorasi turis asal Malaysia dan Brunei Darussalam dengan target angka yang lebih banyak lagi,” lanjutnya

WARTAWAN: TENGKU ABDUL MALEK (UTUSAN INDONESIA)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 comments:

  1. Siapa bilang main game poker/domino susah menang ?
    Member setia kami di Jagodomino telah membuktikan diri bahwa main game poker & domino secara online bukanlah hal yang susah untuk menjadi seorang pemenang.

    Sekarang giliran anda untuk membuktikan diri bahwa anda adalah rajanya dalam permainan poker & domino. Buktikan diri anda bersama kami situs poker dan domino online terpercaya Jagodomino,com.

    Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24/7 melalui :
    * LIVECHAT Jago188(dot)net
    * PIN BBM : 2AF6F43D
    * WA : +855717086677
    * LINE : Jagodomino

    Salam Sukses Jagodomino

    ReplyDelete

Item Reviewed: Kawasan Hutan Lindung, Objek Wisata Favorit di Perbatasan Rating: 5 Reviewed By: Unknown